·

Babinsa Koramil 04/Danurejan Hadiri Acara Nyadran

Yogyakarta – Bapak Lurah Kelurahan Suryatmajan, Bapak Weda Satriya Negara, S.E., S.S., M.Ec., ME bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Kepala Kampung se Kelurahan Suryatmajan dan sebagian warga masyarakat, melaksanakan Acara Nyadran bersama. Minggu, (20/03/22).

Di sela – sela acara kegiatan Nyadran tersebut Bapak Lurah Weda Satriya Negara mengatakan, “Nyadran merupakan suatu kegiatan ritual yang merupakan tradisi peninggalan leluhur yang rutin dilaksanakan hampir setiap setahun sekali warga masyarakat diantaranya melaksanakan Ziarah dan Do’a bersama di lokasi makam.

Sebelum pelaksanaan Nyadran, masyarakat sudah melakukan kegiatan membersihkan makam keluarga dan menyiapkan tempat seperti di Masjid atau di dekat makam untuk dijadikan tempat pelaksanaan acara Nyadran.

Adapun dalam pelaksanaannya, diawali dengan pembacaan Yasin, Dzikir, Tahlil, dan Do’a, serta Tausiyah oleh Bapak Ustadz atau Ulama, kemudian ditutup dengan acara makan bersama.

“Nyadran merupakan perpaduan antara adat budaya serta agama, tradisi peninggalan budaya yang tak ternilai harganya dan perlu dilestarikan,”Ungkap Serda Sumali.

Masyarakat yang mengikuti Nyadran biasanya berdo’a untuk para pendahulu dan para leluhur maupun para tokoh Agama, tokoh adat, yang telah meninggal.

“Dari tradisi Nyadran tersebut dapat kita petik hikmah yang berkembang dalam masyarakat seperti gotong royong, kebersamaan dan pengorbanan juga merupakan ajang silaturahmi warga Desa,”tambah Serda Sumali.

Acara Nyadran diakhiri dengan menggelar kenduri atau makan bersama di tempat yang sudah dipersiapkan di lokasi masjid dekat pemakaman.

Related Posts