·

Kodim 0730/Gunungkidul melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani Periodik

WONOSARI – Kodim 0730/Gunungkidul melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani periodik Semester pertama tahun 2022. Tes Kesegaran jasmani atau biasa disebut Garjas bertujuan untuk mengetahui hasil dan sebagai bahan Evaluasi bagi Pimpinan sejauh mana pembinaan Fisik selama ini dilakukan oleh Prajurit. Kegiatan Tes Garjas Periodik periode Satu tahun 2022 ini dilakukan prajurit Kodim Gunungkidul selama 1 hari, dan di mulai Hari Jum’at bertempat di Stadion Lapangan Jeruk Wonosari di Jl.Taman Bakti No.31 Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.(04/03/2022)

Sebelum kegiatan Garjas, diawali dengan pengecekan personil dilanjutkan pemeriksaan tahap awal kesehatan diantaranya menimbang berat badan, mengukur tensi dan denyut nadi. Tes kesehatan dilakukan pihak Klinik Kartika Pratama Kodim 0730/Gunungkidul.

Pelaksanaan Tes Garjas diawasi oleh 3 OrangTim Jasrem 072/ Pamungkas dengan tetap mempedomani protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, seperti cek suhu tubuh, cek tekanan darah, menggunakan masker dan pembatasan peserta dalam setiap gelombang tetap menjaga jarak. Tes Garjas ini selain diambil nilai Kesegaran A pada bidang lari setiap prajurit harus melaksanakan lari selama 12 menit, sedangkan Garjas B berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan Shuttle Run.

Komandan Kodim 0730/Gunungkidul Letkol Kav Anton Wahyudo melalui Pasiop Kodim 0730/Gunungkidul Kapten Cba Setiyono mengatakan kegiatan Tes Kesegaran Jasmani ini merupakan Program Komando Atas yang harus dilaksanakan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala serta bertujuan untuk mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan tugas prajurit sehari-hari dihadapkan dengan keadaan pandemi covid-19 saat ini dan ini salah satu cara berolahraga sehingga imun kita naik dan badan kita menjadi sehat.

“Kegiatan garjas meliputi tes kesegaran A lari dengan menempuh waktu selama 12 menit, tes kesegaran B yang meliputi pull up, sit up, push up, lunges, shuttle run serta tes renang ketangkasan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ungkap Pasiops.

Menurut Pasiops, kegiatan ini dilakukan juga sebagai bentuk menjaga kebugaran serta untuk menjaga imunitas tubuh setiap prajurit.(pen0730Gk)