·

Komunikasi Sosial Sebagai Wahana Penyampaian Informasi

MAGELANG, – Komunikas sosial merupakan suatu metode atau cara efektif dalam upaya pembinaan wilayah. Dengan komunikasi sosial akan dapatkan informasi terkini atau hal menonjol diwilayah yang menjadi tanggung jawab seorang Babinsa.

Bintara pembina desa (Babinsa) Sengi Sersan Dua Suryono melaksanakan anjangsana dan memberikan sosialisasi bantuan tunai untuk pedagang warung dan nelayan kepada masyarakat desa binaannya Rabu (02/03 ).

Dalam keteranganya Suryono mengatakan, dengan silaturahmi dan komunikasi yang baik, dapat meningkatkan hubungan kerja yang baik antara babinsa dengan komponen masyarakat yang ada di wilayah desa binaan.

“Komunikasi sosial kali ini kita manfaatkan untuk memberikan sosialisasi adanya program bantuan pemerintah yaitu bantuan tunai untuk pedagang kaki lima, warung dan nelayan (BTPKLWN) yang akan dibagikan melalui Kodim 0705/Magelang dalam waktu dekat ini” terang Suryono.

Dalam kesempatan tersebut Suryono juga berpesan agar masyarakat dalam menjalankan aktivitas selalu mematuhi Prokes, tetap menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan memakai sabun serta menghindari bepergian jauh apabila tidak begitu penting”, imbuhnya.

Di tempat terpisah Komandan koramil 15/Dukun, Kapten Kav Winarto mengatakan, kegiatan anjangsana dan Komunikasi sosial secara langsung akan lebih efektif dan tepat sasaran daripada yang tidak langsung seperti menggunakan hand phone atau melalui pesan singkat.

“Dengan aktif melaksanakan kegiatan anjangsana dan komunikasi sosial bersama masyarakat, diharapkan informasi yang terjadi di wilayah binaan akan dapat cepat di ketahui dan apabila ditemukan suatu permasalahan bisa segera diselesaikan beesama-sama”, terang Winarto.

Sementara Sureni salah satu tokoh masyarakat mengaku senang dengan keberadaan babinsa yang selalu ada di tengah masyarakat, karena dengan kehadiran babinsa ditengah masyarakat secara langsung maupun tidak langsung memberikan rasa aman.

“Kami sangat mendukung hadirnya babinsa ditengah-tengah masyarakat, membantu dalam menjaga keamanan ketertiban dan ketentraman masyarakat” tuturnya. (pen0705).