·

Koramil 08/Sapuran Kerja Bakti Membersihkan Tanah Longsor

Babinsa Koramil 08/Sapuran bersama masyarakat bergotong royong melaksanakan kerja bhakti membersihkan tanah longsor di area rumah warga tepatnya di Dusun Pundung, Sindupaten,  Desa Pecekelan, Kecamatan Sapuran, Rabu (16/03/2022).

Kapten Inf Sutarto Danramil 08/Sapuran Kodim 0707/Wonosobo mendapat laporan bahwa pada hari Selasa 15 Maret  2022  pukul 20.30 telah terjadi tanah setinggi 10 meter dan lebar 8 meter longsor menimpa rumah Baharudin dan Wisnu Aji Dusun Pundung, Pacekelan, Sapuran.   Hal ini disebabkan karena curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari membuat tebing longsor.

Setelah dilaksanakan pengecekan oleh piket Koramil dan situasi sudah malam hari serta cuaca masih turun hujan maka Babinsa menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai situasi lingkungan masing – masing.  Jika membahayakan segera mencari tempat yang aman.

Keesokan harinya dipimpin Pelda Wahab Batuud bersama 4 anggota serta warga sekitar melakukan kerja bhakti membersihkan tanah longsor yang menimpa belakang rumah, dengan harapan tidak membahayakan penghuni rumah.

Batuud Koramil saat pelaksanaan karya bakti menyampaikan dengan adanya kejadian ini menjadi perhatian kita semua agar selalu hati – hati jika hujan deras dalam waktu yang lama. Mengingat wilayah Pacekelan itu kondisinya berbukit – bukit, senderan rumah atau bangunan tinggi tinggi seperti kantor kecamatan ini.

Koramil mengajak masyarakat agar peduli lingkungan sekitar, yaitu mengamati keadaan di sekeliling kita seperti ada retakan atau tidak, ada saluran air yang tersumbat tidak, ada pohon atau tiang listrik yang mulai miring tidak.  Jika itu terjadi maka segera laporkan aparat setempat mulai dari ketua RT, RW atau perangkat desa lainnya. Sehingga bisa diambil tindakan pencegahan.  Dengan adanya upaya tersebut maka diharapkan kerugian bisa diminimalisir.

Dengan adanya karya bhakti ini bekas senderan bisa disingkirkan, lokasi kembali bersih dan apabila akan direhab bila dikerjakan dengan mudah.  Melalui karya bhakti juga memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar.  Ini sangat baik jika kita laksanakan dalam setiap kesempatan yang ada.