·

Pelihara Dan Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim Magelang Gelar UTP Umum Teritorial

Kodim 0705/Magelang menggelar Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum Teritorial Tahun 2022 di Lapangan Rusun Sanggrahan, Kelurahan Wates, Kota Magelang.
Program pembinaan latihan pada Program Kerja TA  2022 kali ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Kodim 0705/Magelang secara perorangan maupun satuan sesuai bidang ketrampilannya, sehingga dapat menunjang tugas pokok Kodim 0705/Magelang yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut sesuai dengan siklus latihan sesuai proglatsi.
Pembinaan latihan komando kewilayahan di Kodim 0705/Magelang diarahkan guna meningkatkan sumber daya manusia aparat komando kewilayahan agar mempunyai kesiapan dalam melaksanakan tugas, serta kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan, khususnya dalam menghadapi tugas-tugas pembinaan teritorial di wilayah.
Dandim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Rohmadi, S.Sos. M.Tr (Han) selaku Pimpinan Umum Latihan mengatakan bahwa UTP Umum ini merupakan hal yang wajib diikuti oleh seluruh personel militer yang sesuai dengan tingkat ketrampilan untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.
Dandim menambahkan, disamping latihan spesialisasi jabatan militer, salah satu perangkat kendali pembinaan kemampuan perorangan yang penting adalah uji terampil perorangan umum.
“Dengan uji terampil perorangan ini, maka setiap perorangan diharapkan dapat diketahui secara pasti atas pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki oleh prajurit tersebut sesuai dengan pangkat yang disandang”, papar Dandim.
Tidak lupa Dandim mengingatkan kepada seluruh peserta UTP termasuk penguji untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. “Ingat ini masih situasi pandemi Covid-19, dan sedang merebak varian omicron. Sehingga kita harus benar-benar menerapkan prokes dalam keseharian kita” tutup Dandim.
Sementara itu Komandan Latihan UTP Umum TA 2022 Kapten Inf Suparna menjelaskan bahwa UTP dilaksanakan selama 3 hari, Rabu sampai Jumat (9-11 Februari 2022) dengan jumlah 530 orang peserta yang terdata sebagai pelaku UTP. Jumlah tersebut terdiri dari tingkat ketrampilan 2 sampai dengan tingkat ketrampilan 7.
“Tingkat ketrampilan yang diujikan mulai tingkat ketrampilan 2 sampai 7, hal itu dikarenakan di Kodim Magelang tidak ada personel militer dengan tingkat ketrampilan 1 yang berpangkat prajurit dua” tutup Suparna.