·

Personil Kodim Temanggung Ikuti Gelar Pasukan

Temanggung-Dalam rangka menghadapi operasi keselamatan lalu lintas candi 2022, Polres Temanggung menggelar apel gelar pasukan yang di ikuti oleh anggota Kodim 0706/Temanggung, Polres Temanggung, Satpol PP Kabupaten Temanggung dan Dishub Kabupaten Temanggung bertempat di halaman Mapolres Temanggung, Selasa (01/03/2022)

Apel gelar pasukan kali ini mengusung tema “melalui operasi keselamatan 2022 kita wujudkan budaya tertib berlalu lintas guna terciptanya sitkamaseltibcarlantas kondusif yang serta dalam upaya memutus rantai penyebaran covid- 19”.

Dalam kesempatan ini pula Wakapolres Temanggung Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi, S.H, S,Ik yang membacakan amanat Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St.M.K. menyampaikan permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone), “ujarnya.

Beliau menambahkan modernisasi tersebut perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut, “imbuhnya.

Sebagai informasi, data jumlah pelanggaran lintas tahun 2021 sebanyak 307.752 lalu pelanggaran, dibandingkan dengan tahun 2020 sebanyak 1.154.641 pelanggaran, turun 73% atau (846.889 pelanggaran). Jumlah tilang tahun 2021 sebanyak 226.670 lembar, dibandingkan tahun 2020 sebanyak 704.547 lembar, mengalami penurunan sebanyak 68% atau (477.877 lembar). Teguran pada tahun 2021 sebanyak 81.082 dibandingkan dengan tahun 2020 sebanyak 448.800, mengalami penurunan sebanyak 82% atau (367.718 teguran).untuk itu polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun.operasi keselamatan lalu lintas candi tahun 2022 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 14 maret 2022, secara serentak di seluruh indonesia.

Diharapkan operasi keselamatan tahun ini dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta dapat meminimalisir fatalitas lakalantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia, “harapnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, kapolda berpesan untuk senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas; mengutamakan keselamatan dan bisa menjadi contoh serta mempedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas; dari pungli dan tindakan yang menjadi trigger ketidakpercayaan masyarakat kepada Polri; hindari tindakan yang kontra produktif serta sikap arogan sehingga kehadiran polantas dapat dirasakan oleh masyarakat serta lakukan tugas operasi “keselamatan lalu lintas candi-2022” dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Profesional dengan persuasif, humanis sehingga tidak menimbulkan komplain dari masyarakat, “pungkasnya