·

Responsif Babinsa Kelurahan Patangpuluhan Bantu Penanganan Talud Longsor

Bocoran air saluran irigasi tanjung mengakibatkan talud sungai Winongo longsor sepanjang 2,5 meter dan tinggi 5 meter, serta mengakibatkan talud retak kurang lebih 60 meter di Rt. 35 Rw. 07 Kelurahan Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta.

Babinsa Kelurahan Patangpuluhan Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serda Waliyana mengataan, bahwa akibat kebocoran saluran irigasi tanjung yang berada di atas talud sungai Winongo, mengakibatkan talud longsor sepanjang 2,5 meter dan tinggi 5 meter serta  mengakibatkan retakan kurang lebih  panjang 60 meter, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Kami menerima laporan warga, dan langsung melaporkan ke Komandan Koramil 10/Wirobrajan dan langsung mendatangi lokasi terjadinya bencana talud longsor serta berkoordinasi dengan Lurah Kelurahan Patangpuluhan untuk langkah penanganannya dan menghimbau kepada warga sekitar agar berhati-hati dan waspada terjadinya longsor susulan” ujarnya.

Sementara itu, Arifin Lurah Kelurahan Patangpuluhan membenarkan bahwa pada hari Jumat tanggal 18 Maret 2022 Pukul.14.30 Wib telah terjadi talud longsor sepanjang 2,5 meter dengan ketinggian 5 meter, dah terjadi retakan sepanjang 60 meter di saluran irigasi Rt. 35 Rw. 07 Kelurahan Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta.

“Kami juga menghimbau masyarakat untuk mengantisipasi longsor susulan akibat kebocoran saluran irigasi tanjung, sehingga dapat bertindak cepat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Saya juga ucapkan terima kasih kepada anggota Koramil 10/Wirobrajan yang responsif dan sigap membantu masyarakat, mengatasi musibah bencana alam talud longsor, ” pungkasnya.