·

Sinergitas Komponen Masyarakat Hijaukan Jalur Pendakian Gunung Bismo

Lettu Chb Yahya Sri Supriyanto Danramil 02/Watumalang bersama anggota, Polsek, Kecamatan, Kades Mutisari, Relawan, RPB, mahasiswa Unsiq dan masyarakat melaksanakan penghijauan jalur pendakian Gunung Bismo dari Desa Mutisari sampai Maron dengan jenis pohon Damar, Pucuk Merah dan Cemara sebanyak 500 pohon.

Danramil menyampaikan saat ini masih turun hujan sehingga sangatlah tepat kita melaksanakan penanaman pohon.  Sebab musim hujan merupakan waktu yang tepat untuk menanam pohon. Kita tidak perlu menyiram sehingga prosentase tingkat hidupnya pohon menjadi tinggi.

Kegiatan penghijauan ini melibatkan banyak unsur masyarakat, mulai dari pemerintahan, aparat keamanan, mahasiswa, relawan, dan masyarakat sekitar. Dengan melibatkan banyak komponen tersebut maka mempunyai keuntungan sendiri yaitu sebagai salah satu sarana promosi mengajak semua pihak untuk menjaga kelestarian alam  dari kerusakan yang saat ini sudah terjadi.

Apalagi yang menjadi sasaran lokasi penanaman adalah jalur pendakian Gunung Bismo,  biasanya jalur pendakian itu paling mudah  terjadi kerusakan karena jalur tersebut banyak dilalui oleh orang – orang yang akan naik gunung.  Baik disengaja atau tidak biasanya mereka saat naik gunung memetik atau memangkas batang kayu yang ada disekitarnya,  untuk itu perlu adanya kegiatan yang bersifat pemeliharaan seperti saat ini.

Ditambah lagi saat ini musibah longsor terjadi dimana – mana.  Untuk itu salah satu upaya memperkecil tingkat bencana alam khususnya tanah longsor adalah dengan adanya penghijaun. Sehingga saat hujan air akan terserap kedalam tanah dan tertahan di sana oleh akar – akar pohon. Dan juga dengan banyaknya pohon maka diharapkan kelangsungan mata air yang ada di bawah bisa terus mengalir walaupun musim kemarau, pungkas Danramil.